Senin, 16 April 2018

7 Standar Sebuah Berita Harian agar Layak Dibaca Masyarakat


Mungkin Anda sering melihat atau membaca sebuah berita. Baik itu berita harian yang ada di media daring maupun di media massa lain seperti koran atau televisi. Tapi, tahukah Anda sebenarnya apa itu berita? Secara sederhana, berita adalah sebuah laporan yang ditulis atau dibacakan wartawan atau jurnalistik mengenai suatu fakta dalam peristiwa.


Nah, saat penyampaian laporan ini, hendaknya seorang wartawan menulis sebuah berita sesuai dengan standar yang ada. Dengan begitu, berita yang dihasilkan menjadi layak dibaca dan dikonsumsi masyakarat dan tidak seperti pembohongan massal. Sebenarnya, apa saja standar dari sebuah berita yang baik itu?

1. Aktual
Standar pertama dari sebuah berita yang diberikan kepada masyarakat adalah aktual. Artinya, fakta yang dibidik dalam berita tersebut memiliki nilai kebaruan. Fakta tersebut harus dibeberkan apa adanya dan merupakan fakta terbaru yang terjadi di peristiwa tersebut dan masih menjadi pembicaraan masyarakat.

2. Ketokohan
Lalu dari segi ketokohan. Standar sebuah berita yang baik juga menyampaikan fakta mengenai ketokohan seseorang. Meski terkadang standar yang satu ini terkesan diskriminatif, tapi tetap harus dibeberkan. Lagipula, berita yang memiliki unsur ini akan memiliki daya tarik tersendiri bagi para pembaca ataupun pendengarnya.

3. Ekslusif
Standar selanjutnya dari sebuah berita harian adalah berita yang ekslusif atau hanya sedikit orang yang tahu. Untuk apa membeberkan sebuah berita dengan fakta yang sudah diketahui banyak orang? Berita tersebut hanya akan dianggap basi dan tidak ada gunanya. Hanya membaca pembukanya saja, kadang ada orang yang langsung tak melanjutkannya.

Selanjutnya, bila seorang wartawan berhasil membuat berita berdasarkan fakta yang jarang diketahui orang, maka berita itu bisa jadi sangat menarik perhatian. Sebab, masyarakat saat ini membutuhkan hal yang baru dan belum mereka ketahui sebelumnya. Inilah namanya teknik marketable dalam sebuah pemberitaan.

4. Dramatik
Standar selanjutnya dari sebuah berita yang baik dan layak dibaca masyarakat adalah dramatik. Fakta yang bernuansa drama. Ini berlaku untuk semua aspek berita. Baik itu konflik, heroism, percintaan ataupun yang lain. Dramatik memang boleh, tapi tidak boleh terlalu juga. Oleh sebab itu seorang wartawan tidak boleh terlalu mendramatisir fakta.

5. Penting
Sebuah berita terbaru harian yang ditulis juga harus sesuai standar kelima, yakni memiliki kepentingan. Berita yang baik harusnya penting diketaui masyarakat untuk menguasai hajat hidup orang banyak. Contoh berita jenis ini bisa Anda saksikan dalam berita mengenai kesehatan. Misalnya saja cara mencegah penyakit Difteri yang beberapa waktu lalu booming.

6. Human Interest
Standar yang satu ini sangat berkaitan dengan kecendrungan manusia dalam menyukai suguhan atau informasi tertentu mengenai sisi kemanusiaan. Misalnya saja berita tentang bencana alam, anak jalanan ataupun prostitusi. Hal seperti ini pastinya lebih banyak menarik perhatian pembaca dibanding berita yang datar human interest-nya.

7. Kedekatan
Lalu ada standar kedekatan. Bagaimanapun, sebuah berita yang baik memiliki unsur kedekatan bagi para pembacanya. Misalnya, berita yang terjadi di teritorial A, akan lebih berkembang di tempat A daripada di tempat B. Begitu juga sebaliknya. Peristiwa yang terjadi di daerah B lebih pesat perkembangannya di wilayah B dibanding wilayah lain.

Nah, itulah standar dari sebuah berita harian yang layak untuk disampaikan ke pembaca. Berita yang memenuhi syarat-syarat itu bisa menyampaikan informasi yang baik dan dibutuhkan masyarakat. Berita yang memenuhi standar seperti di atas juga memenuhi daya tarik untuk para pembacanya.

0 komentar:

Posting Komentar