Senin, 12 Februari 2018

Berburu Kuliner Enak

Sebagian Lirik lagu khas Kotabaru karya H.Anang Ardiansyah.
Lagu yang menggambarkan indahnya Kotabaru dengan dikelilingi 94 pulau, pantai-pantai & tentu saja Gunung Bamega nya.



Tiap kota yang saya singgahi selalu menggoreskan kenangan (sok puitis : mode-on) manis soal makanan.Kalo Jogja saya kangen ama lalapan lele goreng di Jalan Menteri Supeno ataw mie ayam di dekat kampus STIM YKPN kawasan Monjali, Kota Juwana Pati ama Nasi gandul nya, atau Malang dengan bakso campur bakwannya di sekitar kampus Unmer, atau Martapura ikan nila kuah santannya atau Solo dengan nasi liwet di kawasan kraton.
Nah perjalanan ke Batulicin & Kotabaru juga mengenalkan saya ama makanan yang enak-enak.
Nah di edisi kali ini (kayak majalah aja), saya khusus membahas soal makanan.Merasa tertantang (berdarah panas : mode on) oleh salah satu blog keren denmasrul.com (spesialis blog kuliner).He…


Cumi-Cumi Asam Manis

Nama Warung : No Name alias Belum Ada Nama
Alamat : Dekat Pelabuhan Ferry Batulicin (dari simpang 4 sebelah kanan)
Menu : Cumi-cumi dimasak ama bumbu kayak asam, dll disajikan dengan oseng-oseng kacang + tahu, sambal tomat yang aduhai, nasi putih & teh panas.
Harga : Rp.10 ribu/porsi
Penilaian : Enak banget apalagi bagi penggemar cumi-cumi.


Nasi Kuning Ikan Tenggiri + Udang Laut

Nama warung : Lagi-lagi gak punya nama.Heran ya dagangan enak & rame gak ada nama dagang.
Alamat : Jalan M Alwi persis disamping kantor Adira cabang Kotabaru.
Menu : Nasi kuning disajikan dengan ikan tenggiri yang dimasak dengan bumbu merah alias masak habang dalam bahasa Banjar.Selai itu ada juga beberapa udang laut goreng & sayur kacang panjang juga kacang kedelai.
Harga : Rp.12 ribu/porsi
Penilaian : Wajib dicoba kalo ke Kotabaru coz penyajiannya sangat berbeda dr nasi kuning kebanyakan.

Bakso Ikan Tenggiri

Bakso unik yang satu ini juga berada di jalan yang sama dengan nasi kuning diatas.
Nama Warung : Bakso Tambak
Alamat : Jl.M Alwi Kotabaru
Menu : Gilingan bakso ikan tenggiri disajikan ama bakwan, sayuran, mie putih, mie kuning, telor rebus & tentu saja kuahnya.
Harga : Rp.7.000/porsi
Penilaian : Enak banget sih gak cuman karena unik dr ikan laut, makanya wajib coba

Nasi Goreng Sea food

Rumah makan yang satu ini berada di downtown Kotabaru alias disekitar Siring Laut.
Nama Warung : RM.Dewi Rahayu
Alamat : Kawasan Siring Laut (seberang pelabuhan) ataw disamping kiri masakan Padang
Menu : Nasi yang digoreng disajikan dengan udang laut, cumi dll yang udah dimasak dengan aneka bumbu.
Penilaian : Saya akan beli nasgor ini lagi kalo ke Kotabaru coz UENAK banget.
Harga : Rp.11 ribu/porsi

Roti Pisang & Bingka

Nama Warung : Roti Pisang Talas & Raja
Alamat : Jl.M Alwi (cirri-ciri warungnya kecil, ada dapur kecil didepan warung bercat kuning.
Menu : Adonan tepung dicampur pisang talas ataw raja.Kalo bingka dari adonan tepung & kentang.Dua-duanya dipanggang dengan api kecil.
Penilaian : Roti pisangnya lebih enak dibanding yang ada di Bundaran Kamboja Banjarmasin.Kalo bingka gak terlalu enak kayaknya.
Harga : Rp.1.000/biji

0 komentar:

Posting Komentar